Breaking News

Mengenal Kitab-kitab Deuterokanonika

Kitab kuno

Alkitab Gereja Katolik (dan juga Gereja Yunani Ortodoks) mempunyai perbedaan dengan Alkitab gereja-gereja Kristen Protestan. Alkitab Gereja Katolik memuat juga kitab-kitab yang disebut Deuterokanonika sebagai bagian dari Kitab-kitab Perjanjian Lama.

Istilah Deuterokanonika dipakai untuk menyebut tujuh kitab (: Tobit, Yudit, Barukh, 1-2 Makabe, Kebijaksanaan Salomo, Yesus bin Sirakh) dan tiga tulisan tambahan (: Surat Nabi Yeremia (Barukh 6), Tambahan pada Kitab Ester (Est. 10:4-16:24), dan Tambahan pada Kitab Daniel (Dan. 13-14)) yang tidak terdapat dalam daftar Kitab Suci Ibrani, tetapi terdapat dalam daftar Kitab Suci Yunani (Septuaginta).

Gereja Katolik menyebutnya sebagai Deuterokanonika (: daftar resmi/kanon kedua). Sedangkan kitab-kitab yang 39 kitab yang bersama-sama dengan orang protestan diakui sebagai bagian dari Kitab Suci disebut Protokanonika (: daftar resmi/kanon pertama).

Apa yang dikisahkan Kitab-kitab Deuterokanonika?
  • Kitab Tobit: kisah tentang seorang bernama Tobit yang tertimpa  kemalangan, tetapi anaknya yang bernama Tobia dapat menyembuhkannya. Dan Tobia kemudian menikah dengan Sara. Lalu seluruh keluarga itu berbahagia kembali. Tuhan memang melindungi orang yang takwa.
  • Kitab Yudit: kisah tentang seorang perempuan Israel di negeri Kanaan. Ia berhasil menyelamatkan umat Israel dan kota Yerusalem dari serangan musuh yang dahsyat. Yudit menandaskan bahwa umat kecil yang tidak berdaya tetapi setia kepada Tuhan, dapat bertahan dan bahkan dapat memusnahkan kuasa jahat yang mengancam.
  • Kitab 1 Makabe: kisah tentang perang kemerdekaan umat Israel melawan penjajah. Tokoh utamanya adalah Yudas yang bergelar Makabe. Mereka mendapatkan kemerdekaan politik dan agama. Umat percaya bahwa hanya dengan iman dan kepercayaan mereka mendapat kekuatan hingga berhasil mengalahkan musuh.
  • Kitab 2 Makabe: kisah tentang perang kemerdekaan yang sama. Kisah lebih pendek karena hanya berkisah tentang Yudas Makabe saja.
  • Kitab Kebijaksanaan Salomo: wejangan dan renungan tentang berbagai masalah, khususnya soal kematian orang baik dan nasibnya di alam baka nanti. Juga ada renungan tentang sejarah umat Israel yang dipimpin oleh Hikmat Allah.
  • Kitab Yesus bin Sirakh: sekumpulan wejangan, renungan, petuah dan pepatah Yesus bin Sirakh.
  • Kitab Barukh: kisah semangat orang-orang Yahudi di perantauan menjelang zaman Perjanjian Baru. Pada kitab ini ditambahkan sebuah tulisan lain, yaitu surat dari Nabi Yeremia.

No comments